Harus Tahu, Ini Daftar Obat Tradisional Parasit Cacing di Tubuh Anak

Cacingan mungkin jadi kondisi yang lumrah terjadi pada anak. Namun kondisi tersebut tidak bisa dianggap remeh. Selain berat badan yang akan turun, cacingan juga bisa menyebabkan banyak komplikasi penyakit lainnya. Oleh karena itu, sebagai orang tua pasti akan mencari berbagai cara untuk menghilangkan parasit tersebut.

Selain menggunakan obat obat berbahan kimia, tidak ada salahnya untuk mencoba obat tradisional parasit di tubuh. Penggunaan bahan alami ini lebih meminimalkan reaksi alergi pada tubuh karena tidak mengandung bahan kimia buatan. Berikut daftar obat parasit tradisional yang bisa Anda coba untuk si buah hati.

Harus Tahu, Ini Daftar Obat Tradisional Parasit Cacing di Tubuh Anak

Bawang putih

Bawang putih sudah lama dikenal sebagai obat tradisional yang ampuh mengatasi berbagai penyakit. Termasuk untuk cacingan sekali pun. Bawang putih ini memiliki kandungan alisin dan sulfur. Alisin sendiri diyakini memiliki efek seperti halnya antibiotik, sehingga bisa membunuh cacing. Selain itu, penggunaan bawang putih lebih minim bahkan tidak ada efek samping. Tidak hanya itu, bawang putih bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh anak. Cara pemberiannya adalah dengan memakan langsung bawang putih tanpa diolah, alias dimakan mentah mentah.

Bawang bombai

Masih dalam satu jenis, yaitu bawang, adalah bawang bombai yang diyakini juga memiliki manfaat yang tidak kalah dengan bawang putih. Bawang bombai memiliki kandungan senyawa sulfur. Sulfur inilah yang dipercaya sebagai anti parasit cacing yang bisa membunuh semua cacing di tubuh. Cara konsumsinya pun sama, lebih baik dimakan mentah. Bisa juga dengan membuat jus yang dicampur dengan bahan lain untuk menyamarkan rasa langu dan aroma asli bawang bombai. Diberikan rutin sehari satu hingga dua kali.

Baca Juga :  Inilah Fakta dan Manfaat Kemiri

Minyak kelapa murni

Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil diyakini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Virgin coconut oil bisa digunakan untuk peningkat nafsu makan, memelihara kesehatan pencernaan hingga bisa menjadi sarana penghilang cacingan di tubuh anak. Hal ini disebabkan kandungan lemak jenuh dalam virgin coconut oil sangat tinggi. Kandungan alami dari virgin coconut oil bisa mencegah cacing berkembang biak. Saat ini sudah banyak yang menjual virgin coconut oil yang dikemas secara higienis. Namun, bisa juga Anda membuatnya sendiri di rumah untuk kualitas yang lebih terjamin.

Kunyit

Kunyit tidak hanya digunakan untuk bahan dan bumbu masakan. Rempah rempah ini juga baik sebagai agen anti cacing. Kunyit memiliki kandungan antimikroba yang bisa membunuh parasit cacing di tubuh. Manfaat lain dari kunyit adalah untuk meredakan nyeri perut saat datang bulan, mual, serta perut yang kembung. Untuk mengonsumsi kunyit ini tidak sulit pengolahannya. Bisa dibuat ekstrak kunyit yang dicampur dengan air asam. Banyak yang menyukai minuman kunyit asam ini. Untuk pengobatan cacingan, bisa diminum sehari minimal sekali selama satu minggu.

Cengkeh

Indonesia memang kaya akan rempah rempah yang memiliki banyak khasiat. Rempah selanjutnya adalah cengkeh. Cengkeh ini diyakini juga bisa digunakan sebagai obat cacingan. Hal ini karena cengkeh mengandung antibakteri dan antiparasit. Untuk cara konsumsi adalah dengan menyeduh cengkeh seperti halnya saat Anda menyeduh teh hangat. Kemudian diminum tanpa campuran gula atau yang lainnya.

Wortel

Selanjutnya ada wortel. Wortel ini dikenal baik karena mengandung vitamin A dan beta karoten. Jadi selain baik untuk kesehatan mata, wortel diyakini efektif membunuh cacing.  Selain itu, wortel juga baik untuk kesehatan pencernaan. Cara konsumsinya adalah dengan membuat jus wortel yang ditambah madu agar tidak beraroma langu.

Baca Juga :  Daftar 6 Best Seller Produk Laneige, Mana Favoritmu?

Kacang almond

Terakhir, ada kacang almond dengan kandungan vitamin E dan antioksidan tinggi yang baik untuk membunuh cacing hingga telur cacing. Almond ini bisa dikonsumsi sebagai cemilan atau pun dijadikan susu almond.