Perawatan Kulit Kering pada Wanita

Ada banyak hal yang menjadi penyebab kulit wajah kering, di antaranya penuaan dini, terlalu lama di ruang yang kering seperti tempat ber-AC atau berjemur di bawah sinar matahari dalam waktu lama, kulit mengalami dehidrasi, hingga penggunaan sabun yang tidak sesuai dengan jenis kulit.

Maka, bila tipe kulit Anda cenderung kering, kasar hingga bersisik, pastikan untuk tidak memakai sembarangan menggunakan produk kecantikan, mulai dari make-up, krim pemutih, krim pelembab, hingga sabun pembersih muka.

Pemilihan sabun muka untuk kulit kering perlu diperhatikan. Apalagi belakangan ini beredar banyak produk sabun muka yang memiliki kandungan bahan kimia berbahaya bagi kulit. Agar kulit tidak bertambah kasar atau kering, pastikan Anda mengecek kandungan pada sabun muka tersebut.

 

Baca Juga: Freeman Mask

Melakukan Perawatan Kulit Wajah dengan Benar

Wanita dengan kulit kering perlu ekstra dalam memperhatikan perawatan dan penanganan pada kulitnya. Kulit kering yang terjadi karena kurangnya hidrasi pada kulit atau kurangnya nutrisi pada kulit. Sehingga perawatan kulit kering tak hanya dilakukan dari luar namun juga dari dalam, dengan menjaga asupan gizi pada makanan.

Cukup makan berserat, mengandung air dan kolagen sangat penting dibutuhkan oleh untuk menutrisi kulit agar terhidrasi dengan baik. Ditambah pula dengan pola tidur dan olahraga yang cukup sebagai penunjang kesehatan kulit.

Selain dua langkah di atas, apa lagi yang bisa Anda lakukan dalam perawatan kulit kering, berikut ulasannya.

Menghidrasi Kulit Secara Tepat

Kulit kering karena dehidrasi perlu diatasi dengan berbagai penanganan. Yang paling mudah ialah rajin mengonsumsi air putih. Anjuran minum air putih setiap hari sebenarnya bukan hanya untuk kulit kering, namun juga untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Namun terkadang, karena kesibukan Anda terlupakan untuk mengonsumsi air putih secara cukup.

Baca Juga :  Cara Memutihkan Kulit Tangan Belang Secara Alami Dan Cepat

Selain itu, pemakai krim pelembab juga mampu membantu menghidrasi kulit. Pemakaian krim pelembab atau lotion setelah mandi, sangat tepat untuk mempertahankan tingkat kelembapan kulit. Lalu lakukan pemakaian rutin saat kulit mulai terasa kering dan kasar.

Bila Anda menyukai perawatan kulit kering secara alami, baiknya menggunakan bahan seperti lidah buaya, mentimun dan minyak zaitun untuk mempertahankan kelembaban kulit. Kandungan air yang cukup tinggi pada gel lidah buaya atau mentimun, bisa langsung diaplikasikan pada wajah. Setelah gel lidah buaya atau mentimun meresap ke dalam kulit dengan sempurna, bilas sisa gel menggunakan air bersih.

Begitu pula dengan minyak zaitun yang dapat diaplikasikan pada wajah sebagai masker. Cukup oleskan merata beberapa tetes minyak zaitu pada wajah, lalu tunggu 15-20 menit hingga menyerap pada kulit. Lalu bilas dengan air bersih.

Hal-hal yang Perlu Dihindari oleh Kulit Kering

  1. Merokok dan Alkohol

Merokok dan mengonsumsi alkohol pasti berdampak buruk bagi kesehatan, bahkan bagi kulit wajah. Karena itu hindari atau kurangi kebiasaan merokok Anda. Namun, bila Anda tidak merokok, alangkah baiknya untuk menghindari paparan asap rokok yang juga sama berbahayanya bagi kulit.

  1. Kebiasaan Buruk

Hal lain yang perlu dihindari adalah kebiasan menggosok wajah sehabis mandi atau mencuci muka dengan kuat dan kasar. Kulit akan semakin kering dan mengalami iritasi bila kebiasaan itu terus dilakukan. Cukup tepuk perlahan wajah Anda pada handuk hingga air yang tersisa pada wajah atau tubuh kering dengan sendirinya.

  1. Pemakaian Sabun Muka Berlebihan

Menggunakan sabun muka untuk kulit kering tidak boleh berlebihan. Terlalu sering mencuci muka ternyata tidak dianjurkan bagi pemilik kulit kering. Bukannya menghidrasi dan membersihkan kulit, malah membuat kulit semakin kering dan kasar karena cepat kehilangan kelembaban.

Baca Juga :  Daily Make Up Natural Untuk Pemula