Hati-Hati Terhadap 6 Efek Samping Semir Rambut Warna Cokelat

Rambut dapat diibaratkan mahkota bagi semua orang, terutama wanita. Bahkan, rambut juga sering digunakan sebagai parameter akan keindahan penampilan seseorang di mata orang lain. Dengan demikian, tak heran jika saat ini trend semir rambut telah digandrungi oleh beberapa orang, salah satunya warna rambut cokelat.

Tapi tunggu dulu, bila Anda tertarik untuk melakukan semir rambut, hati-hati terhadap penggunaannya. Sebab jika pemilihan semir salah, atau bahkan cara menggunakannya salah, maka akan menimbulkan efek samping yang sangat berbahaya. Apa saja efek sampingnya? Simak penjelasannya berikut ini!

Bahaya Semir Rambut Untuk Kepala

  • Perubahan Warna Rambut Menjadi Putih

Bagi orang dewasa atau tua, salah satu alasan mengapa menggunakan semir rambut adalah untuk menutupi uban atau rambut yang sudah memutih. Namun apa jadinya, bila rambut normal Anda yang disemir memiliki niat agar lebih indah, malah menjadi putih atau terlihat seperti uban?

Yaps, hal ini biasa saja terjadi, karena ketidak cocokkan rambut terhadap kandungan dalam semir rambut, sehingga akan mengalami perubahan pigmentasi warna rambut menjadi  putih. Hal ini terjadi karena, Anda terlalu sering melakukan treatment pada rambut dengan cara bleaching.

  1. Gatal Pada Kulit Kepala

Efek samping selanjutnya karena semir rambut adalah membuat kulit kepala menjadi gatal. Hal ini karena, terkadang ada pewarna rambut yang menggunakan bahan kimia dengan konsentrasi yang sangat kuat, sehingga bagi kulit yang sensitif akan mengakibatkan terjadinya alergi seperti gatal-gatal, bahkan lebih parah akan menyebabkan rasa terbakar dan kemerahan kulit kepala.

  • Menyebabkan Iritasi

Tak hanya menimbulkan rasa terbakar pada kulit kepala, lebih parah lagi semir rambut yang memiliki zat kimia berlebih juga akan menimbulkan iritasi pada kulit. Hal ini tentu sangat berbahaya, karena bisa jadi akan menyebabkan terjadinya kanker.

  • Rambut Menjadi Rontok

Bahan kimia dalam pewarna rambut tentu akan membahayakan rambut itu sendiri. hal ini karena, nutriai dalam rabut akan hilang, sehingga menyebabkan kerontokan. Bahkan jika Anda menggunakan vitamin rambut sekalipun, jika konsentrasi bahan kimianya tinggi, maka vitamin tak akan berfungsi dengan baik.

Bahaya Semir Rambut Untuk Mata

Tak hanya membahayakan rambut atau kepala, lebih parah lagi, semir rambut juga akan membahayakan mata. Beberapa implikasi yang akan terjadi yakni:

  • Iritasi Mata

Mengapa pewarna rambut bisa membuat iritasi pada mata? Hal ini karena zat kimia pewarna rabut akan berubah menjadi gas. Dimana nantinya gas ini akan mengenai mata dan menyebabkan iritasi.

  • Menyebabkan katarak

Tak hanya akan membuat iritasi mata, lebih parahnya lagi baya semir rambut unruk mata adalah menyebabkan katarak. Hal ini karena bisa saja, kandungan kimia di dalamnya akan menyerap melalui pori-pori kulit sehingga akan mengenai syaraf mata yang mengakibatkan katarak.

Dengan demikian, jika Anda benar-benar harus menggunakan pewarna rambut, maka sebisa mungkin hindari jangan sampai terkena area mata.

Sebenarnya, bahan semir rambut tak hanya bisa mengakibatkan kerusakan kulit kepala atau mata saja, namun juga merusak kulit, salah satunya menyebabkan muncul jerawat di area dahi atau bagian wajah lainnya. Hal ini tentunya akibat bahan kimia yang mengenai kulit wajah dan merusak jaringannya hingga ke dasar kulit.

Lalu bagaimana untuk menghindari terjadinya efek samping tersebut? Nah, dalam hal ini, yang perlu Anda perhatikan adalah sebelum menggunakan semir rambut ada baiknya melihat komposisi dalam kemasan.

Lebih baik lagi jika Anda konsultasi ke dokter, apakah Anda cocok dengan kandungan tersebut. 

 

Baca Juga :  Tips cara mudah menggunakan pensil alis agar terlihat natural